October 15, 2024

Ada berbagai jenis rayap di Indonesia, dan sebagian besar dari jenis rayap merugikan manusia. Raya yang paling sering ditemui di rumah adalah rayap kayu kering. Keberadaan rayap jenis ini harus segera diketahui agar cepat mendapat menanganan sebelum perabotan semakin rusak sebelum menggunakan jasa anti rayap di daerah rumah anda. Ciri-ciri dari keberadaan rayap jenis ini yaitu:

  1. Ada garis lubang pada perabot kayu

Anda bisa memperhatikan pada perabotan kayu di rumah Anda, akan muncul garisng rongga di bagian kayu. Garis rongga ini meruapakan jalur  yang dibuat oleh rayap kayu kering. Rongga atau lubang tersebut jika dibiarkan akan membuat kayu keropos dan rusak. Kayu berubah menjadi butiran-butiran kecil dan rusak permanen.

 

  1. Ada garis retakan yang muncul

Jika Anda memiliki dinding kayu atau perabotan kayu yang memiliki retakan, sebaiknya segera waspadai. Rayap dapat menyebabkan munculnya rongga lubang di kayu, tapi rongga ini kadang tidak dapat dilihat dari luar. Tetapi yang sering terlihat adalah munculnya retakan-retakan. Jika sudah terjadi retakan, maka sudah termasuk berbahaya karena dinding bisa roboh. Rayap kayu kering bisa menghancurkan dinding dengan cepat.

 

  1. Ada pasir-pasir di sekitar perabot kayu

Ciri-ciri yang paling mudah dikenali dari rayap kayu kering adalah munculnya butiran-butiran seperti pasir di sekitar perabotan kayu. Butiran ini adalah kayu yang telah dihancurkan oleh rayap. Butiran ini akan semakin bertambah banyak jika dibiarkan sampai kayu tersebut habis berubah menjadi butiran pasir.

 

  1. Perabotan kayu yang diserang adalah kayu kering

Seperti namanya, rayap kayu kering hanya menyerang perabotan yang merupakan kayu kering seperti meja, kursi, plafon. Rayap ini tidak tinggal di tanah dan tidak memakan kayu yang lembab. Inilah mengapa rayap ini sangat mudah ditemukan di dalam rumah.

 

  1. Terdapat rumah rayap berbentuk tabung

Ciri lain dari kehadiran rayap kayu kering adalah adanya rumah rayap di sekitar perabotan. Rumah ini biasanya menempel di perabotan kayu dan berbentuk seperti tabung kecil. Jumlahnya juga cukup banyak dan terlihat seperti dari kumpur kering. Rumah rayap berbentuk tabung ini sebenarnya hanya jalur masuk ke dalam rongga kayu yang sudah dihancurkan rayap.

About The Author