February 1, 2023

Jika anda adalah pengusaha kecil, menengah, atau tergolong besar dan masih mengandalkan cara penjualan konvensional lalu sekarang anda ingin mengembangkan usaha baru dengan menggunakan teknologi digital sebagai alat mendapatkan konsumen.

Ada beberapa point yang mesti anda pelajari dari website https://iklanwangi.com/ sebelum anda memulai strategi digital anda.

1. Mengapa Menggunakan Strategi Digital

Jika anda memilki motive mendapatkan konsumen dari iklan digital anda. Faktor fundamental yang mensti anda ketahui adalah produk yang anda jual.

Sejatinya sedang atau dalam kondisi pencarian tinggi atau dalam bahasa lain produk yang anda jual memang sudah dipercaya publik dan diketahui sebagai produk yang jika digunakan atau dikonsumsi tidak akan mengecewakan.

Penulis bisa kasih contoh misalkan produk yang anda jual merek minyak wangi terkenal” ini sudah menjadi faktor yang membuat para pemburu minyak wangi original akan mengejar produk anda.

Dimana produk-produk yang anda tawarkan tidak lagi membutuhkan waktu untuk diperkenalkan sehingga sesi perkenalan sejatinya sudah melewati masa kritis, dimana anda tinggal menambahkan faktor pembeda. Yang membuat calon konsumen yang melihat iklan anda harus membeli kepada anda.

2. Harus Ada Faktor Pembeda

Maka kemungkinan produk anda menjadi produk yang meledak bisa sangat kecil. Atau iklan anda akan berpengaruh sebaliknya pada pemilik merek.

Yang membuat calon konsumen anda lebih memilih belanja kepada toko atau gerai resmi. Nah dengan memahami motive beriklan ini maka anda juga memiliki tolak ukur untuk menghitung dampak dari investasi anda. Apakah investasi yang anda akan lakukan pada tingkat low, middle atau high.

Dalam kasus memasang iklan dari produk yang sudah dikenal. Anda sejatinya melakukan investasi bermuatan rendah selama seperti yang penulis sebutkan sebelunya. Anda tetap memberikan nilai pembeda (atau keunikan) dan argumentasi kuat kenapa produk anda harus dibeli oleh konsumen.

Selanjutnya sebagai pedagang anda mesti memiliki kesadaran penuh. Tentang peran konsumen terhadap tumbuhnya bisnis anda. Dan anda juga sebaiknya paham tentang karakteristik konsumen yang belanja pada anda. Beberapa hal mendasar yang sering terlupakan mungkin juga diabaikan. Seperti faktor umur, jenis kelamin, status perkawinan, pekerjaan dan jumlah penghasilan.

Lalu berdasarkan data tersebut anda bisa memberikan analisa dan membuat beberapa skenarion belanja dari sisi konsumen dan produk anda. Termasuk berdasarkan skenario yang ada anda juga bisa meletakan produk anda berada dalam prioritas nomor berapa dari sisi konsumen. Tulisan pendek nan kumplit ini memang membutuhkan data yang tidak hanya dari sisi profile konsumen tetapi juga mesti memuat data-data dari sisi produk. Untuk memastikan bahwa apa yang anda kerjakan dalam rencana digital anda adalah sebuah bentuk yang memiliki tujuan dan motive yang kuat.

3. Tujuan yang Belum Pasti Adalah Masalah

Alasan yang lemah dan tujuan yang kabur dari dasar-dasar anda memasang sebuah iklan hanya akan menjadi sebuah kesia-sian bagi anda, kesia-sian yang hanya menghabiskan sumberdaya tanpa menimbang apaka invesatasi tersebut mengarah pada satu tujuan yang terukur atau memenuhi motiv dari model bisnis yang anda bangun.

Semakin kuat motiv yang anda punya dan tujuan yang jelas dan mudah dimengerti maka, akan semakin meringankan menyusun tolak ukur rencana pengiklanan anda dan semakin mudah memperbaikinya jika terjadi kegagalan atau kesalahan sehingga adaptasi pada keadaan memungkinkan anda dan tim menyadari perubahan dan ketidak tentuan.

Akhir Kata

Demikian sedikit ulasan dimalam ramadhan penuh berkah ini, ikuti terus perkembangan strategi Internet marketing untuk menambah wawasan digital anda selain sebai referensi untuk membangun bisnis masa depan anda.

Tunggu tulisan selanjutnya.