Ciri-ciri Bus untuk Pariwisata

Ciri-ciri Bus untuk Pariwisata

Saat ini sudah banyak jenis bus pariwisata yang diproduksi di Indonesia. Bus pariwisata menjadi pilihan transportasi yang digunakan untuk berwisata baik dalam kota maupun luar kota dengan jumlah penumpang yang banyak. Dengan berkembangnya zaman, transportasi selalu mengalami kemajuan dengan inovasi terbaru dari perusahaan body mobil di Indonesia.

Sangat penting untuk Anda ketahui tentang berbagai jenis bus wisata yang ada saat ini. Demi kenyamanan dan kemewahan saat Anda bepergian dan dalam rombongan, sebelum Anda memutuskan untuk menyewa bus pariwisata, ada baiknya jika Anda mengetahui informasi tentang jenis bus pariwisata yang baru tersedia saat ini.

Hal ini harus dilakukan karena dengan banyaknya jenis bus pariwisata bisa membuat Anda bingung membedakannya. Apalagi jika bus memiliki lantai bertingkat yang saat ini menjadi incaran perusahaan bus untuk disewakan di kalangan menengah ke atas. Apa saja jenis bus wisata terbaru? Jika penasaran, yuk simak langsung informasinya melalui ulasan berikut ini.

Jenis Bus Wisata Dek Tinggi

Sesuai dengan namanya, bus High Deck ini memiliki lantai yang tinggi. Ketinggian lantai bus ini antara 3,85 hingga 3,9 meter dibandingkan bus pariwisata non HD. Dengan lantai bus yang tinggi, bus jenis ini memiliki tampilan yang tinggi dan terdapat banyak ruang di bawah kabin penumpang.

Ruang kosong di bawah kabin biasanya digunakan sebagai bagasi dengan ruang yang sangat luas. Sehingga dengan bagasi yang sangat luas, bus dapat menampung kurang lebih 5 motor sekaligus dalam bus HD ini. Alasan ini sudah banyak diungkapkan oleh konsumen bus dan perusahaan PO Bus.

Bus ini sangat ngetren digunakan untuk sewa bus jakarta pada tahun 2009 sampai sekarang bus pariwisata tipe HD sangat banyak diminati dan digemari. Yang membedakan antara bus HD dan bus non HD adalah bus HD memiliki karakteristik cash berupa tinggi bus antara 3400 mm – 3500 mm. Sepintas bus ini sangat sulit membedakan antara bus HD dan non HD.

Namun yang membedakan antara bus non HD dan bus HD adalah bentuk interior bus. Anda bisa membedakannya dengan melihat interiornya dimana kursi pengemudi bus HD lebih rendah dari kursi penumpang. Tak hanya itu Anda bisa melihatnya lewat tidak adanya tonjolan di sisi pengemudi (driver).

Bus Dek Super Tinggi

Jenis bus pariwisata selanjutnya adalah bus tipe super high deck atau yang sering disebut dengan SHD. Bus jenis ini merupakan jenis bus yang sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh konsumen dan beberapa sewa bus pariwisata terkenal. Bus SHD mulai dikenal pada saat GIIAS 2015 dan menjadi salah satu armada andalan oleh beberapa PO bus di Indonesia saat ini.

Ciri khas bus jenis SHD adalah memiliki tinggi sekitar 3900 mm, memiliki bagasi yang sangat lebar. Bahkan karena pengelasan bagasi, bagasi dari bus ini bisa diisi oleh sepeda motor. Ciri khas bus ini adalah Anda bisa melihatnya dari kaca depan bus. Dimana ada bus kaca ganda dan ada sekat pembatas.

Soal interior, bus SHD didesain lebih mewah dan nyaman. Dengan kenyamanan ini tentunya penumpang akan merasa puas dan sangat menikmati perjalanan. Bus SHD dilengkapi dengan fitur dan fasilitas keamanan yang canggih. Desain interior bus SHD sangat menarik.

admin