Tipe Data Float

Tipe Data Float

jenis tipe data

Sebagai salah satu bahasa pemrograman, PHP memiliki banyak tipe yang dikenal sebagai tipe data. Tipe data pada PHP banyak macamnya seperti integer, string, float, array, boolean, object, dan NULL. Hampir semua tipe data tersebut digunakan dalam membangun aplikasi.

Di antara berbagai tipe data tersebut, tipe data float adalah salah satunya. Tipe data yang juga disebut tipe data double ini merupakan tipe data yang berisi bilangan desimal. Penulisan tipe data ini tidak memerlukan tanda petik pada awal dan akhir isi variabel, sama seperti cara penulisan tipe data integer.

Tipe data ini digunakan untuk mengatur nilai fraksional dalam PHP. Bilangan desimal float dapat diperluas ke bentuk eksponensial di mana istilah float dapat disebut juga sebagai floating point. Penulisan bilangan desimal pada tipe data ini memiliki batas maksimum digit yaitu 14 digit.

Meski tipe data ini umumnya berupa angka dengan 14 tingkat digit keakuratan, angka float yang dibuat biasanya tidak akan sampai 14 digit. Pasalnya, angka float dengan tingkat keakuratan hingga 14 digit diperlukan untuk membuat aplikasi matematis tingkat tinggi. Umumnya, tipe data float digunakan pada aplikasi yang mencakup persentase (percentage), mata uang (currency), dan tanda (mark).

Cara Penulisan

Data float, tipe data floating point atau real number adalah tipe data angka yang memiliki floating point atau bagian desimal. Istilah floating point digunakan untuk tanda titik yang digunakan pada penulisan bilangan desimal. Artinya, dalam penulisan tipe data ini tanda titik lah yang digunakan untuk memisahkan bagian desimal, bukan menggunakan tanda koma. Apabila kita memaksa menggunakan tanda koma dalam penulisan tipe data ini, PHP akan menampilkan pesan error.

Untuk menulis data float, ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu menggunakan bentuk desimal dan menggunakan bentuk eksponen atau scientific notation. Oleh karena itulah hal ini perlu diketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan data float. Contoh bilangan desimal yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah 3.14 dan contoh bilangan dengan scientific notation adalah 43.0E-7 atau 0.321E2.

Jenis-jenis Float

jenis tipe data

Tipe data float masih memiliki jenis-jenis, yaitu Short Floating Point Number, Double Floating Point Number, dan Long Floating Point Number dengan urutan presisi tetap terkecil hingga terbesar.

1. Short Floating Point Number

Short floating point number atau short float adalah jenis yang memiliki presisi tetap terkecil tergantung pada versi PHP yang digunakan untuk mendukung data float jenis ini. Short floating point number memiliki tingkat presisi minimum 13 bit, sementara ukuran eksponennya minimal 5 bit. Untuk angka desimal, short floating point number ini memiliki tingkat presisi sampai 4 titik desimal.

2. Double Floating Point Number

Double floating point number atau double float merupakan salah satu presisi tetap pada data float. Ukuran eksponennya adalah 8 bit dengan presisi minimmal 50 bit. Implementasi akan sangat mempengaruhi ketepatan double float yang ketepatan komputasinya tepat hingga 14 titik desimal.

3. Long Floating Point Number

Long floating point number atau long float merupakan jenis data float yang ketepatan komputasinya tepat 14 titik desimal dan sangat tergantung pada implementasinya. Jenis data float yang satu ini sangat mirip dengan double float, tetapi dengan presisi tetap terbesar.Ukuran eksponen minimumnya adalah 8 bit dengan presisi minimum 50 bit.

adminblog