Cara Memulai Homeschooling di Surabaya

Cara Memulai Homeschooling di Surabaya

kurikulum homeschooling

Memilih homeschool untuk anak Anda bukanlah keputusan yang mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu diingat saat memutuskan untuk homeschool.

Jadi, bagaimana Anda memulai setelah Anda membuat keputusan untuk menerapkan homeschooling?

Berikut adalah daftar hal-hal yang mungkin ingin Anda ketahui dan persiapkan bahkan sebelum memulai sesi homeschooling pertama Anda.

kurikulum homeschooling

1) Persyaratan Homeschooling

Setiap negara memiliki persyaratan homeschooling sendiri. Jadi pastikan untuk memeriksa apakah Anda memenuhi syarat untuk melakukan homeschooling di Surabaya. Sebagian besar persyaratan homeschooling cukup sederhana sehingga seharusnya tidak menjadi masalah.

2) Komunitas Homeschooling

Ini bukan persyaratan untuk bergabung dengan komunitas homeschooling tetapi pasti akan sangat membantu untuk berhubungan dengan orang tua yang juga melakukan homeschooling di lingkungan sekitar Anda. Sebuah kelompok pendukung dapat memberikan dukungan dan nasehat terutama ketika Anda baru memulai.

Beberapa komunitas homeschooling juga mengadakan perjalanan dan kegiatan pendidikan rutin seperti ke kebun binatang, museum, perpustakaan, dll.

3) Siapkan Lingkungan Rumah

Anda mungkin perlu membuat beberapa penataan ulang fisik rumah Anda untuk memenuhi area homeschooling. Anda juga perlu membeli bahan pelajaran seperti alat tulis, papan tulis dll.

4) Jadwal Homeschooling

Anda perlu membuat jadwal belajar untuk pelajaran setiap hari, permainan, dll. Ada baiknya juga membuat sistem pembukuan untuk melacak tugas-tugas yang telah diselesaikan. Di beberapa negara di Dunia, ini juga merupakan persyaratan.

5) Kurikulum Homeschooling

Anda perlu memilih metode homeschooling untuk anak Anda. Ini didasarkan pada bakat belajar anak dan kemampuan belajarnya. Metode yang populer adalah homeschooling Montessori, klasik, dan charlotte mason. Saat ini ada beberapa lembaga homeschooling di Surabaya yang sudah diakui pemerintah, salah satunya adalah Homeschooling Shine Surabaya https://homeschoolingshine.com. Dengan menggunakan bantuan tutor homeschooling, maka anda dapat banyak terbantu dalam menyusun kurikulum homeschooling yang tepat untuk anak anda

Seperti yang Anda lihat, ada cukup banyak pekerjaan dan perencanaan yang perlu dilakukan sebelum memulai homeschooling. Itulah mengapa bergabung dengan komunitas homeschooling di kota anda dapat sangat membantu jika Anda kurang memahami beberapa poin di atas.

adminblog