Cara Membuat Trancam Sayur Yang Enak dan Fresh

Cara Membuat Trancam Sayur Yang Enak dan Fresh

Sayuran ialah bahan pangan yang asalnya dari tumbuhan, sayuran mempunyai kandungan air yang tinggi, Dalam segi konsumsi beberapa jenis sayuran dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak dan ada juga yang harus melewati proses pengolahan dulu seperti proses perebusan, pengukusan untuk bisa memberi maksimal kandungan gizi yang dimiliki atau untuk juga  bisa menambah cita rasa dari sayuran tersebut.

 

Trancam

Trancam ialah makanan khas dari Jawa Tengah yang mirip dengan makanan urap, dan isiannya terdiri dari tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan irisan halu sawi putih. Nantinya bumbu (bawang putih, cabai dan kencur) akan dicampur dengan isian sayur tadi. Trancam menjadi solusi bagi seseorang yang melakukan diet ketat, karena isiannya kebanyakan sayuran.

 

Cara Membuat Trancam Sayur

Bahan-bahan :

  • 1 buah timun uk.sedang
  •  3 buah kacang panjang
  • 1 1/2 sdm tauge kecil 
  • Secukupnya daun kemangi
  • kelapa sedang  1/4 butir (tidak terlalu tua & tidak terlalu muda) yang sudah di parut dengan mesin parut kelapa.

Bumbu Halus:

  • 1 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1 cm kencur
  •  2 siung bawang putih (kalau besar pakai 1 aja)
  •  1 lbr daun jeruk
  • Secukupnya garam
  • 1 1/2 sdt gula pasir (atau sesuai selera)

Cara Membuat Trancam Sayur :

  1. Cuci semua bahan sampai bersih
  2. Potong ketimun, kacang panjang dan daun kemangi kecil-kecil, atau bisa menggunakan alat pemotong buah dan sayur
  3. Parut kelapa
  4. Haluskan bumbu halus
  5. Setelah bumbu bercampur dengan parutan kelapa sambil diaduk perlahan, jangan lupa untuk menguji rasa setelah dihaluskan
  6. Setelah dirasa pas, tambahkan sayuran dan aduk hingga rata
  7. Nikmati dengan nasi hangat

 Manfaat Trancam Sayur

1. Meningkatkan Kesuburan Baik pada Pria Maupun Wanita.

Kandungan nutrisi pada tauge dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sperma pada pria dan memperkuat rahim pada wanita.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi.

Kalium pada mentimun sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

3. Mencegah Bau Mulut

Daun kemangi memiliki aroma yang cukup khas, tentunya aromanya yang harum. Aroma ini bisa membantu mencegah bau mulut setelah mengkonsumsi sate kambing atau lele bakar.

Manfaat Umum Sayur

1. Mencegah dan Mengurangi Stres yang Berlebihan

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang bisa merangsang berbagai jenis hormon dan kelenjar dalam tubuh kita, sehingga merangsang mood Anda supaya selalu senang dan bahagia. Sayur dan buah-buahan yang antara lain dapat mencegah stres; Ubi jalar, sayuran hijau, tomat, granola, labu kuning, jamur, paprika, kacang-kacangan, kacang merah, bit, pisang, dll.

2. Mengencangkan Buang Air Besar

Buang air besar atau BAB merupakan proses membuang sisa makanan yang telah tertelan oleh tubuh. Namun terkadang proses ini terhalang oleh faktor gaya hidup, dll. Untuk mengatasi masalah tersebut, sayur dan buah berguna untuk menyerap serat dalam organ pencernaan kita. Sayuran dan buah berserat tinggi antara lain: bayam, kol, wortel, pepaya, kacang-kacangan, dll.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Bisa dikatakan serangan jantung dan kanker ialah dua penyakit paling mematikan di dunia. Selain disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, beban kerja yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab penyakit ini. Sebelum terserang penyakit ini, tidak ada salahnya mencegah dengan mengkonsumsi banyak sayuran untuk meminimalisir penyakit ini.

Sayuran terbaik untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan kanker ialah dengan mengkonsumsi lobak, labu dan jamur, paprika merah, dan bayam, yang juga dapat melemahkan biji kanker dalam tubuh seseorang.

4. Pertahankan Berat Badan yang Seimbang

Jika Anda ingin menghilangkan masalah berat badan atau sedang menjalani program diet, sangat disarankan agar Anda makan banyak sayuran bahkan juga bisa mengonsumsi buah-buahan.

Karena sayuran dan buah-buahan tinggi serat, bebas lemak dan rendah kalori, dapat membantu mengatasi masalah obesitas. Sayuran dengan nutrisi yang terbaik contohnya brokoli, tomat, wortel, ubi jalar, terong, bawang bombay, ubi jalar, bayam, paprika.

5. Sumber Energi Tubuh

Makan sayur adalah cara terbaik untuk menambah energi dan menjaga tubuh tetap sehat dan badan menjadi langsing. Sayuran tidak akan membuat orang menjadi gemuk, malahan akan membuat orang lebih energik dan aktif dalam aktivitas sehari-hari.

Sayuran juga membuat tubuh kita lebih ringan dibandingkan dengan yang kita konsumsi daging. Antara lain sayur mayur dan buah-buahan dengan kandungan energi yang tinggi; Kentang, beras merah, kacang-kacangan dan pisang.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat trancam sayur yang sehat dan fresh. Semoga bermanfaat.

adminblog