Cara Membuat Keripik Nangka yang Manis dan Enak

Cara Membuat Keripik Nangka yang Manis dan Enak

Buah-buahan yang tumbuh di negara Indonesia sangat banyak sekali. Dari macam berbagai buah di Indonesia yang tumbuh di negara ini, bisa digunakan dan diolah menjadi makanan ringan maupun makanan cepat saji lho. Kali ini kita akan membahas cara membuat keripik nangka. Yuk kita simak bersama!

Mengenal Buah Nangka

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah Nangka? Buah nangka merupakan salah satu jenis buah khas Indonesia yang cukup populer di tiap daerah. Buah nangka mempunyai rasa dan aroma tersendiri yang sangat khas. 

Tidak perlu bingung jika banyak yang memanfaatkan dan menggunakan nangka sebagai campuran membuat makanan roti kue atau juga sebagai campuran untuk minuman es. Selain itu, buah nangka juga bisa di sulap menjadi keripik juga lho.

Sejarah Nangka

Buah nangka termasuk dan merupakan tanaman berjenis buah yang tumbuh di berupa pohon yang berasal dari negara India dan menyebar luas ke daerah tropis termasuk negara Indonesia. 

Di Indonesia pohon ini mempunyai beberapa nama daerah antara lain :

  1. Nongko (Jawa, Gorontalo)
  2. Langge (Gorontalo)
  3. Lumasa/malasa (Lampung)
  4. Anane (Ambon)
  5. Nangka (sunda) 
  6. Nanal atau krour (Irian Jaya) 

Beberapa nama asing yaitu: 

  1. Jackfruit, jack (Inggris) 
  2. Phle Khnor (Kamboja) 
  3. Nangka (Malaysia)
  4. Kapiak (Papua Nugini) 
  5. Peignai (Myanmar)
  6. Liangka (Filipina)
  7. Khanun (Thailand)
  8. Mimiz, miiz hnang (laos) 
  9. Mit (Vietnam)

 

Dan berikut ini merupakan salah satu metode mengawetkan buah nangka agar saat kita mau makan tetap enak walaupun sedang tidak musim.

Keripik Nangka

Cara membuat keripik nangka sekarang telah mencapai tahap industri yang cukup besar. Di mana salah satu produsen keripik tingkat tinggi atau nasional telah berhasil dan mencapai produksi keripik buah nangka ini, dengan besar dan sukses bahkan, berhasil juga mengekspor makanan keripik jenis ini ke luar negeri lho. 

Pengolahan saat ini biasanya lebih sering menggunakan mesin yang canggih. Seperti mesin keripik singkong yang sudah beredar luas di pasaran. Berkembangnya teknologi saat ini, bisa membantu untuk memproduksi barang dengan jumlah yang besar. 

Bahan-Bahan :

  • Buah nangka yang segar 1 kg ( pilih yang setengah matang )
  • Air 1,5 L
  • Garam 75 Gr
  • Gula pasir 150 Gr
  • Air kapur sirih
  • Minyak goreng 2 L

Cara Membuat Keripik Nangka :

  1. Ambil buah nangka dan dibelah menjadi 2 potong ujungnya serta pisahkan antara bagian daging dan bijinya.
  2. Untuk menghilangkan aroma dan lengket rendam buah nangka di dalam air kapur sirih selama 5 jam.
  3. Selanjutnya, cuci bersih sampai hilang kandungan air kapur dan buah Nangka dikeringkan.
  4. Masukkan buah nangka kedalam mesin vacuum fryer juga menggunakan minyak yang banyak dan api yang sangat besar untuk menghilangkan air yang meneresap nya. Jika buih-buih pada minyak goreng semakin berkurang, maka berarti sudah matang.
  5. Setelah sudah matang, angkat dan tiriskan keripik buah nangka.
  6. Simpan camilan keripik buah nangka ke wadah atau dalam plastik kedap dengan udara agar tetap terasa renyah dan terjaga gurihnya.

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang cara membuat keripik nangka. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kita semua. Sekian Terima kasih.

adminblog