Penyebab Tumbuhan menjadi Layu

Penyebab Tumbuhan menjadi Layu

Salah satu kegiatan paling menyenangkan yang biasanya dilakukan oleh para perempuan ialah menanam tanaman atau bunga di halaman rumah. Namun, jika terjadi hal tak diinginkan seperti apa penyebab tumbuhan layu, ada baiknya Anda membaca artikel ini sampai habis.

Apa Saja Penyebab Tumbuhan Layu?

Memiliki tanaman yang tumbuh sehat nan cantik merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap pemiliknya, seakan-akan mereka tampak hidup. Namun, apa jadinya jika tiba-tiba tumbuhan tersebut layu ? Pasti ada beberapa faktor pemicu tanaman tersebut layu / mati antara lain :

Berlebihan atau Kurang dalam Menyiram Tanaman

Sama halnya seperti manusia, jika mereka makan ada baiknya tidak perlu terlalu banyak namun juga tidak boleh terlalu sedikit. Dari keduanya itu sudah memiliki resikonya masing-masing.

Seperti halnya Anda akan lapar bila kekurangan makan serta perut akan sakit bila kebanyakan. Nah, hal ini juga berlaku pada tanaman. Mereka tidak boleh sampai kelebihan ataupun kekurangan air saat Anda menyiraminya.

Memang, menyiram tanaman itu diperlukan bahkan ada beberapa orang yang selalu melakukannya setiap hari. Perlu diketahui bahwa tanaman memiliki kadarnya sendiri.

Pencahayaan pada Tanaman Kurang

Kemudian penyebab layunya tanaman adalah kurangnya pencahayaan. Perlu Anda ketahui bahwa kurangnya pencahayaan pada tanaman itu dapat menyebabkan mereka layu atau bahkan mati. Namun, tanaman yang terlalu banyak menerima sinar juga tak baik. Pada akhirnya yang berlebihan itu tidak baik dilakukan.

Ada baiknya, Anda taruh tanaman tersebut di tempat yang cukup cahayanya seperti di teras rumah. Atau jika memang mengetahui jenis dari tanaman tersebut tidak boleh terkena sinar, maka jangan diletakkan di luar.

Meletakkan Tanaman di Pot yang Kurang Tepat

Maksudnya mungkin saja Anda meletakkan tanaman tersebut tidak pada pot yang memiliki pembuangan air yang benar. Justru air akan tetap berada di dalam pot dalam jangka waktu lama, sehingga menyebabkan akarnya cepat membusuk.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tanaman itu tidak boleh terlalu banyak air. Oleh karena itu, perhatikan pot Anda apakah sudah memiliki pembuangan air yang benar atau tidak, biasanya pot yang baik itu terdapat lubang kecil di bagian bawahnya.

Mungkin sampai di sini saja penjelasan yang perlu Anda ketahui tentang penyebab tumbuhan layu. Dalam budidaya tanaman itu diperlukan ketelitian dan kesabaran juga, jadi jangan sampai perawatan mereka berlebihan atau bahkan kurang karena bisa berakibat fatal.

Kunjungi: https://www.tanam.co.id/  

adminblog