Jenis-Jenis Jagung

Jenis-Jenis Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di Indonesia, selain dijadikan bahan pangan juga seringkali menjadi bahan pakan ternak. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mengetahui beberapa jenis-jenis jagung.

Beberapa Jenis-Jenis Jagung

Berbudidaya jagung di rumah tergolong mudah, jadi bagi Anda yang ingin menanam di pekarangan rumah juga bisa. Tak heran jika banyak masyarakat yang memilih untuk budidaya daripada harus membeli di supermarket atau bahkan pasar tradisional.

Jagung Mutiara

Salah satu jenis jagung yang paling banyak ditanam oleh para petani di Jawa ialah jagung mutiara atau yang memiliki nama latin Zea mays var. indurata. Dari nama mutiaranya dikarenakan biji jagungnya memang tergolong serta hampir mirip seperti mutiara.

Bijinya memiliki bentuk yang bulat dan licin, tampilannya mengkilap serta keras. Jenis jagung mutiara ini dikenal disukai oleh para petani karena mempunyai daya tahan cukup kuat terhadap hama gudang.

Jagung Gigi Kuda

Jenis selanjutnya ialah jagung gigi kuda yang memiliki ceruk pada bagian tengah bijinya saat keadaan kering membuat tampilannya sangat menyerupai gigi kuda. Ciri-cirinya antara lain warnanya kuning, ukurannya besar, bentuknya pipih, puncak bijinya berlekuk.

Adapun ciri lain yang dimiliki oleh jagung gigi kuda seperti memiliki rasa yang hambar serta bertepung banyak, tak heran jika banyak dijadikan sebagai pakan ternak, pembuatan sirup jagung, minuman ataupun cairan sanitasi.

Jagung Manis

Ada pula jagung manis yang biasanya mudah sekali untuk Anda temui di pasar tradisional atau pinggir jalan yang kemudian diolah menjadi jagung bakar atau bahkan jagung dicampur dengan susu kental manis / jasuke.

Ciri-ciri dari jagung manis ini yaitu mempunyai biji yang transparan saat sudah matang, warnanya kuning dengan kandungan gula sangat tinggi dari kandungan pati. Oleh karena itu, bijinya akan keriput ketika kering.

 

Itulah beberapa jenis-jenis jagung yang biasanya mudah untuk Anda temui di pasar tradisional hingga diolah menjadi bahan jajanan para masyarakat dan dijual di pinggir jalan. Nama makanan tersebut adalah jasuke serta jagung bakar. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

adminblog