Cara Merawat Anak Kelinci

Cara Merawat Anak Kelinci

Cara Merawat Anak Kelinci

Kelinci seperti kelinci fg lokal merupakan hewan lucu menggemaskan yang banyak digemari orang-orang baik dari kalangan anak maupun tua. Kelinci memang seekor hewan yang mampu membuat perasaan manusia di sekitarnya menjadi lebih baik dengan banyaknya tingkah menggelikan yang dilakukan.

Tak ayal, hal ini membuat masyarakat ingin memelihara kelinci. Selain untuk koleksi sendiri, pemeliharaan kelinci juga bisa dijadikan sebagai bisnis untuk dijual. Kebanyakan masyarakat sendiri lebih menyukai mengadopsi atau memelihara kelinci anakan karena dinilai lebih mudah, lucu dan memiliki daya tarik sendiri dibanding kelinci dewasa.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa hal penting untuk merawat kelinci usia 1 bulan. Bagaimana agar kelinci mampu bertahan hidup dan tumbuh secara sehat dan baik. Yuk simak!.

  • Siapkan tempat tinggal

Sebelum readers membawa kelinci ke rumah, siapkanlah tempat tinggal atau kandang khusus kelinci. Hal ini adalah wajib apalagi mengingat usia kelinci yang masih sangat dini. Kandang haruslah nyaman dan aman.

Kelinci jangan lebih dulu diletakkan diluar, adanya gangguan dari hewan liar atau buas lainnya akan menyebabkan kelinci ketakutan. Ketakutan yang parah pada kelinci dapat membuatnya stress bahkan mati. Pastikan juga ukuran kandang yang cukup luas untuk kelinci bergerak. Pastikan juga memberi wadah untuk kelinci membuang kotoran dan bersihkan kandang tiap harinya.

  • Makanan

Untuk kelinci anakan, hindari memberi makan kangkung, kubis atau makanan buatan. Makanan yang ringan untuk dicerna seperti rerumputan dan potongan roti kecil bisa menjadi penggantinya, namun hindari memberi makan terlalu banyak. Biarkan kelinci makan sendiri tanpa bantuan. Tambahkan susu khusus kelinci akan memaksimalkan pertumbuhan kelinci. Sediakan pula air putih bersih.

  • Beri waktu kelinci mengenal lingkungan

Setiap harinya, keluarkan kelinci dari kandang untuk sekedar bermain dan mengenal lingkungannya. Jangan biarkan kelinci bermain di luar karena itu akan memudahkan kelinci sakit. Saat bermain ini, readers bisa melakukan pendekatan pada kelinci namun jangan memaksanya, pancinglah kelinci agar mendekat dengan makanan. Sekalipun anak kelinci terbilang enggan didekati, namun sebenarnya ia perhatian pada sekitar.

  • Berikan mainan

Kelinci layaknya kucing yang suka dengan mainan. Berilah gulungan kertas, boneka kecil ataupun mainan buatan lainnya agar menyenangkan kelinci.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kelinci usia 1 bulan. Anak kelinci berada di usia yang rentan pada sakit, stress ataupun shock suhu ekstrem. Periksalah keadaan kelinci berkala dan perhatikan pertumbuhannya.

adminblog