Peranan Televisi Ditengah Pandemi COVID-19

Peranan Televisi Ditengah Pandemi COVID-19

Saat ini, global pandemi covid-19 memang masih berlangsung tidak hanya di Indonesia tapi juga diberbagai negara didunia. Meskipun dibeberapa tempat kasusnya sudah mulai berkurang secara signifikan, namun pertambahan angka kasus positif masih terjadi. Sehingga berbagai tindakan masih terus dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona ini. Ditengah global pandemi seperti ini keberadaan media sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa tetap mendapat informasi faktual tentang situasi terkini. Disinilah televisi memiliki peranan penting sebagai media telekomunikasi. Jasa sewa tv led menjadi laris untuk mendukung kebutuhan.

Global pandemi telah membawa berbagai dampak buruk baik pada lini kesehatan hingga bisnis. Selain itu, kepanikan juga tidak jarang menjadi isu tersendiri. Ini karena saat ini penyebaran informasi sangat mudah untuk dilakukan terlebih karena adanya internet. Tidak sedikit masyarakat yang mencari informasi melalui sosial media misalnya dan terjerat isu hoax yang menambah kepanikan yang tidak perlu.

Untuk itu, televisi memiliki peranan penting dalam memberikan informasi faktual dan tidak ngasal. Pasalnya, berita yang disiarkan melalui televisi tidak serta merta berdasarkan hoax namun berdasarkan riset dan cek n’ ricek terlebih dahulu. Masyarakat bisa memperoleh informasi yang lebih akurat melalui siaran berita yang ditayangkan di televisi.

Selain untuk menginformasi, peranan televisi ditengah global pandemi seperti ini juga berfungsi untuk mengedukasi dan menghibur. Masyarakat diberikan berbagai informasi penting mengenai pandemi dan situasi tidak hanya di Indonesia namun juga diseluruh dunia. Sehingga masyarakat menjadi lebih ‘aware’ terhadap situasi saat ini. Tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan pentingnya mencegah penyebaran covid-19 karena kurang mendapat informasi yang terpercaya. Padahal, sangat penting untuk berpartisipasi aktif dalam memutus rantai penyebaran virus dengan mengikuti anjuran dan aturan yang berlaku.

Kemudian, televisi juga menjadi media telekomunikasi yang dapat menghibur ditengah global pandemi seperti ini. Banyak konten-konten televisi yang bisa dinikmati masyarakat ketika terpaksa harue bekerja dari rumah atau diam dirumah selama global pandemi. Ini berarti, masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk mendapat hiburan. Berbagai konten yang disiarkan tv bisa dinikmati berbagai usia dan kalangan.

admin