Selesaikan 3 Tanggungan Ini Sebelum Guru Menghadapi Momen PAS

Selesaikan 3 Tanggungan Ini Sebelum Guru Menghadapi Momen PAS

Selesaikan 3 Tanggungan Ini Sebelum Guru Menghadapi Momen PAS

PAS adalah kepanjangan dari Penilaian Akhir Semester yang dulunya biasa disebut dengan UAS. Penyebutan ini dipakai dalam Kurikulum 2013 yang kini diterapkan di sekolah-sekolah. Bukan hanya para siswa, para guru pun juga dibuat sibuk dengan momen ujian ini. Jika para siswa sibuk dengan persiapan belajar, maka guru pun juga sibuk dengan pekerjaannya. Nah, apa tanggungan guru yang harus diselesaikan sebelum menghadapi PAS? Berikut diantaranya.

Menyelesaikan Seluruh Materi Pembelajaran

PAS merupakan ujian akhir yang harus dilewati seluruh siswa untuk menguji seberapa kemampuan mereka dalam menyerap materi yang sudah disampaikan oleh guru. Soal ini disediakan oleh Dinas Pendidikan setempat sehingga tingkat kesulitannya sama rata. Setiap guru harus sudah menyampaikan seluruh materi pelajaran sebelum momen ujian berlangsung. Jika materi tidak selesai, maka para siswa tentu akan kebingungan dengan soal yang mereka peroleh.

Pengaturan Nomor Peserta PAS

Sebelum ujian berlangsung, guru harus sudah membuat nomor peserta dengan tepat. Jika hal ini tidak diselesaikan sebelum PAS, maka sekolah akan keteteran saat pelaksanaannya, hal ini dikarenakan jadwal biasanya ditentukan Dinas Pendidikan setempat, bukan sekolah. Untuk sekolah yang sudah memiliki tenaga TU, hal ini bukanlah sesuatu yang sulit karena pasti sudah dipersiapkan sejak jauh hari sebelum PAS. Namun bagi sekolah yang belum memiliki tenaga TU, hal ini adalah tanggungan guru.

Pencatatan Data Siswa

Data siswa harus sudah selesai dicatat sebelum menghadapi PAS. Hal ini akan memudahkan guru untuk menyelesaikan administrasi sekolah dan juga nantinya sangat berguna untuk membuat hasil belajar atau rapor siswa. Ketika semua data sudah tersimpan dengan baik, guru bisa mengerjakan hasil ujian ini dengan lebih cepat dan mudah. Data ini mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, berat badan, tinggi badan, keadaan fisik, wali murid dan sebagainya. Apabila seluruh data ini belum terdata dengan baik, maka nantinya guru akan kerepotan sendiri.

Setiap guru yang berdedikasi tinggi tentu harus bisa menyelesaikan semua tanggungannya dengan baik. Apabila tanggungan ini tidak diselesaikan, maka dampaknya akan diterima oleh murid. Oleh karena itu, pastikan murid mendapatkan apa yang berhak mereka peroleh.

Diakhir tulisan kali ini, kami memberikan rekomendasi kepada para guru maupun civitas akademik apabila ingin membeli atk atau perlengkapan cetak untuk memenuhi kebutuhan sekolah bisa langsung menghubungi pusat percetakan online di link berikut ini => https://pusatpercetakanonline.com/

adminblog