8 Kumpulan Sandi Pramuka Beserta Pemecahannya

8 Kumpulan Sandi Pramuka Beserta Pemecahannya

8 Kumpulan Sandi Pramuka Beserta Pemecahannya

Duh, kalau sudah bermain sandi pramuka itu pasti bingung ya. Apalagi jika ada tantangan memecahkan sandi pramuka. Jika tidak banyak-banyak latihan, pasti untuk memecahkan sandi pramuka itu cukup kesulitan bukan?

Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, berikut ini ada  8 kumpulan sandi pramuka beserta pemecahannya. Siapa tahu dengan membaca kumpulan sandi pramuka ini bisa membantu kamu untuk lebih mudah menuju pos. Atau membantu kamu untuk lebih mudah memecahkan permainan yang sedang diuji pembina.

Mau tahu 8 sandi pramuka itu? Simak ulasannya di bawah ini yuk.

Pengertian Sandi

Sandi Pramuka beserta pemecahannya

Tahukah Anda sebagai anak pramuka, bahwa kata sandi berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya adalah rahasia. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali jika Anda mengetahui  kunci atau cara memecahkannya.

Sejarah atau asal mula sandi sendiri berasal dari para pahlawan jaman dahulu yang suka berkelana  dan suka berpindah-pindah tempat tinggal. Dari seringnya berpindah tempat inilah mereka harus memiliki  kata sandi dan bisa menggunakan berbagai bentuk sandi untuk mengecoh dan mengelabui lawan-lawan atau musuhnya.

Maka dari itu keberadaan sandi sangat berperan penting untuk mengungkap rahasia dari kode-kode yang diberikan oleh para pahlawan. Jadi keberadaan sandi memang sangat penting semenjak dahulu.

Berikut ini adalah 8 sandi pramuka yang dikutip dari website Academic Indonesia yang patut Anda pelajari.

Contoh-contoh Sandi

  1. Sandi Koordinat atau Merah Putih

Untuk mengungkap sandi koordinat, caranya adalah Anda harus membuat perkataan kunci. Semisal kata kuncinya adalah PAMONG PRAJA. Maka kata tersebutlah yang menjadi menjadi keywordnya.

Yang perlu Anda ingat adalah kata kunci harus terdiri dari dua kata dan jumlah hurufnya adalah 10 buah. Adapun  masing-masing kata terdiri dari 5 huruf.

http://2.bp.blogspot.com/-Y-BYIq8ICg4/UfsSiEa09eI/AAAAAAAAAXU/ifXP4TMC1FI/s400/SANDI+MERAH+PUTIH.jpg

Ini adalah contoh dari sandi merah putih.

2. Sandi Rumput

Sandi yang kedua adalah sandi rumput. Sandi rumput sendiri sebenarnya bukanlah sandi asli, melainkan adalah sandi turuna. Sandi rumput juga mempunyai kesamaan dengan sandi paku dan sandi gergaji atau tali.

Dalam penggunaannya sandi rumput ini menggunakan kunci sandi morse. Jadi agar terlihat kesan mengani rumputnya, maka kode pada morse terdiri dari titik dan garis yang coba untuk diterjemahkan sebagai berikut:

Titik pada morse diterjemahkan dengan lekuk rumput yang pendek =

Sementara garis pada morse, dalam sandi rumput ini diterjemahkan sebagai rumput yang panjang =

Contohnya adalah : PRAMUKA

Hasil gambar untuk sandi rumput

3. Sandi Semaphore

Bagi anak pramuka, kata semaphore pasti sudah tidak asing bagi mereka. Semaphore adalah cara yang digunakan untuk mengirim dan menerima berita dengan dua bendera. Bendera semaphore ini memiliki masing – masing ukuran bendera 45 cm x 45 cm.

Warna dari bendera semaphore sendiri adalah merah dan kuning. Untuk pemasangannya sendiri, warna merah terletak berada di dekat tongkat.

Jika Anda hendak  mengirim dan menerima berita dengan semaphore, maka Anda hanya dapat melakukannya pada jarak + 100 – 200 meter. Bisa juga Anda mengirim dan menerima berita dalam ukuran sejauh yang dapat dilihat oleh mata secara jelas.

Usahakanlah jika Anda hendak mengirim atau menerima berita, Anda berada pada tempat dalam penerangan yang jelas. Jangan sampai Anda terhalang oleh sesuatu yang dapat mengganggu pandangan mata siapa saja yang menerima pesan Anda menggunakan bendera semaphore, begitu pula sebaliknya.

Untuk menggunakan bendera semaphore sebagai pengiriman dan penerimaan kode sebaiknya dilakukan oleh 2 orang. Untuk yang mengirim maka satu orang membacakan isyarat dan satu orang lagi bertugas untuk memberi isyarat.

 Untuk si penerima isyarat, ia bertugas untuk menerjemahkan isyarat berita dan satu orang lagi menuliskan isi berita yang ia terima.

Sikap si pengirim dan so penerima adalah posisi "istirahat di tempat".  Demikian juga cara menyampaikan pesan dalam memegang tongkat, seolah – olah tongkat semaphore itu adalah sambungan dari kedua tangan Anda.

 Contoh dari penggunaan sandi semaphore adalah : Pramuka

             (3-5),(3-7),(1-2),(2-7),(4-6),(2-5),(1-2)

                P  R   A  M U  K  A

4. Sandi Kotak

Sebenarnya cara membaca dan membuat sandi kotak teramat lah mudah. Memecahkan sandi kotak hampir semudah memecahkan sandi angka dan sandi AND. Selain karena mudah, sandi kotak pun kerap dimuat dalam berbagai buku materi kepramukaan, jadi Anda tidak akan kesulitan untuk memecahkan sandi kotak ini.

Memecahkan sandi kotak ini, Anda akan diberi kata kunci yang biasanya disertakan gambar dari "Kunci Sandi Kotak". Baru setelah kata kunci diberi akan ada soal yang harus dipecahkan. Nah, masing-masing dari bidang, terisi dua huruf. http://1.bp.blogspot.com/-9N0v1g_0e-U/UfJ-H16AQXI/AAAAAAAACiM/IPMlRFBg9vM/s1600/sandi+kotak+1.JPG

5. Sandi Datar

Pengertian dari datar adalah susunan huruf yang ditulis mendatar dan dibaca menurut kuncinya. Dalam menentukan kunci jumlah huruf, maka dalam satu instruksi Anda harus membaginya ke dalam kelompok yang sama. Jika kelompok yang terakhir jumlahnya kurang, maka harus Anda tambahkan dengan huruf X.

Contohnya adalah:

Anda akan diminta untuk membuat instruksi sebagai berikut:

Coba sebutkan 7 pahlawan revolusi yang gugur di lubang buaya Jakarta pada tanggal 1 Oktober 1965!

Maka cara membuat sandinya adalah sebagai berikut:

Instruksi di atas akan Anda buat kunci “9D HUJAN RINTIK-RINTIK TURUN KE BUMI”

Cara membacanya adalah dengan mendatar 9 huruf dan dibaca turun.

http://3.bp.blogspot.com/-q5nxKJkoTUA/UVLglJ_3toI/AAAAAAAABcM/Ha7qtcbDE4g/s1600/sandi-datar1.gif

6. Sandi Siput

Cara membaca dari sandi siput cukup membuat bingung. Anda akan diperintah untuk membaca sandi ini dengan  berputar seperti siput dengan cara mencari kata yang paling tengah dengan sebuah tanda.

Contohnya adalah  :

   U  D  U  N  I  A

   D  O  W  E  L

   N  P   B  A  L

      A  N  E   D  B

   P  K  A   P  A

Sandi di atas menunjukkan sebuah kata bapak pramuka sedunia yakni Baden Powell Bapak Pandu Dunia

7. Sandi Kimia

Sesungguhnya sandi kimia hanyalah menuliskan morse saja. Hanya saja masih banyak anggota pramuka menyebut sandi kimia karena bentuknya yang menyerupai huruf atau simbol yang ada pada kode atau rumus-rumus kimia.

Ketentuan dari sandi kimia adalah :

  1. Titik  :  Huruf Hidup (a, i , u, e, o)
  2. Strip   : Huruf Mati   (b, c, d, f, g, …dst)

Contohnya adalah :

Anda akan membuat instruksi "Disinilah Letak Kedudukan Dunia!"

Maka Anda bisa menuliskannya sebagai berikut :

  1. HO2 + O2 + O3 + O2 + HO + O2 + OSA2 + AH + O4
  2. OSA2 + O + H + AH + HOH
  3. HOH + O + HO2 + UAH + HO2 + UAH +HOH + AH + HO
  4. HO2 + UAH+ HO + O2 + AH

8. Sandi Sungai

Istilah sandi 5 per 8 sering disematkan pada sandi sungai. Hal ini dikarenakan sandi sederhana ini memiliki 8 buah kolom dan 5 buah baris. Nah, untuk memecahkan sandi sungai ini lebih jelasnya Anda perhatikan kunci di bawah ini.

Cara menulisnya adalah : Tulislah huruf yang berlawanan atau berseberangan. Contohnya : OZO LOWOEO VOQPOQ BYHOS

Hasil gambar untuk sandi sungai

Maka dibacanya adalah ADA BAHAYA, JANGAN LEWAT!

Seperti itulah 8 sandi pramuka yang sangat berguna untuk And pelajari. Semoga bermanfaat.

 

 

adminblog