Tidak Hanya Plastik, Beberapa Jenis Sampah Yang Sering Dipakai Ini Pun Berbahaya Untuk Bumi

Tidak Hanya Plastik, Beberapa Jenis Sampah Yang Sering Dipakai Ini Pun Berbahaya Untuk Bumi

Tidak Hanya Plastik, Beberapa Jenis Sampah Yang Sering Dipakai Ini Pun Berbahaya Untuk Bumi

Kalau bicara mengenai sampah yang mencemari lingkungan, biasanya salah satu fokus utama adalah sampah plastik. Namun, tahukah kamu selain sampah plastik, ternyata tidak sedikit jenis sampah lain yang tidak kalah berbahaya bagi lingkungan. Ironisnya sampah ini sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu? Simak ulasannya ya.

1. Pembalut sekali pakai ternyata bisa membahayakan untuk lingkungan

Selain jumlahnya yang banyak, sampah pembalut sekali pakai ini jika ditimbun terlalu lama bisa menghasilkan gas metana yang bisa merusak bumi. Gas metana sendiri merupakan gas rumah kaca yang menyebabkan meningkatnya temperatur permukaan bumi.

2. Setipe dengan pembalut, popok bayi dan dewasa pun turut menyumbang kerusakan bagi lingkungan

Praktis dan mudah dipakai menjadi salah satu alasan kenapa popok masih menjadi pilihan orangtua. Namun siapa sangka jika popok bisa menjadi sebuah momok bagi lingkungan? Mungkin akan susah jika harus menghilangkan kebiasaan penggunaan popok sekali pakai, namun untuk menjaga kelestarian lingkungan tidak ada salahnya jika saat berada di rumah, anak bisa menggunakan popok kain yang bisa dipakai berkali-kali.

3. Yang masih sering buang obat kadaluarsa sembarangan hati-hati ya, karena benda ini pun tidak kalah berbahaya

Sampah obat dikategorikan ke dalam limbah berbahaya, hal ini karena jika dibuang ke tanah akan beresiko membunuh mikroorganisme. Dengan kata lain, sampah obat ini bisa mengancam kehidupan tumbuhan serta hewan. Sebaiknya obat yang sudah kadaluarsa tidak dicampurkan dengan jenis sampah lainnya. Untuk jenis vitamin bisa dibuang ke tanaman, atau kalau bingung sampah obat bisa dijadikan satu dan berikan ke apotek supaya bisa dimusnahkan.

4. Puntung rokok yang bertebaran di jalan pun berbahaya untuk lingkungan

Tidak hanya asapnya saja yang berbahaya, ternyata puntungnya pun menyumbang kerusakan bagi lingkungan. Puntung rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya, yang jika dibuang bukan pada tong sampah stainless alias dibuang sembarangan bisa membunuh tanaman, serangga, dan makhluk hidup lainnya. Jadi buat kalian yang merokok tolong jangan buang puntungnya sembarangan ya, lebih bagus jika merokok di area merokok atau lebih baik lagi jika sekalian berhenti merokok saja.

 

adminblog