Ciri Ciri Fauna Indonesia Bagian Timur

Ciri Ciri Fauna Indonesia Bagian Timur

Ciri Ciri Fauna Indonesia Bagian Timur

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah baik itu flora ataupun faunanya. Nah kita sebagai masyarakat Indonesia sendiri harus selalu menjaga dan merawat sumber daya alam yang ada.

Selain itu Indonesia juga merupakan Negara maritime yang tentunya sebagian wilayahnya adalah perairan yang dapat kita temui dari sabang sampai merauke. Nah contoh kekayaan Indonesia adalah seperti, tambang, hasil laut, jenis hewan yang beragam dan lainnya.

Ngomong ngomong soal fauna, fauna yang terdapat di wilayah Indonesia bagian timur seperti papua, Nusa tenggara timur, Maluku dan lainnya tentunya memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dapat kita jumpai di wilayah Indonesia bagian barat maupun tengah.

Untuk persebaran fauna yang ada di Indonesia sendiri dibatasi oleh garis wallace dan weber. Nah untuk penjelasan garis Wallace dan weber sendiri merupakan sebuah garis khayal yang digambarkan dalam peta. Garis tersebut berguna untuk membatasi persebaran wilayah fauna yang ada di asia dan Australia.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri ciri yang dimiliki fauna di Indonesia bagian timur, informasi ini telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan update, sehingga menghasilkan informasi yang berkualitas tentunya.

Yuk langsung saja simak penjelasan singkat saya di bawah ini :

Ciri Ciri Fauna Indonesia Bagian Timur

  1. Banyak hewan berkantung

berkantunga

Yang pertama adalah ciri khusus fauna yang ada di Indonesia sendiri adalah banyaknya jenis hewan yang berkantung, nah jenis hewan yang berkantung sendiri misalnya seperti kanguru, kuskus, bandicoot dan lainnya.

Untuk jenis hewan berkantung ini kita dapat temui di berbagai wilayah Indonesia bagian timur seperti irian jaya, nah maka dari itu jangan melakukan pemburuan pada hewan berkantung ini supaya tidak mengalami kepunahan.

      2. Mamalia berukuran kecil

koala

Selain banyak hewan berkantung, ciri khas yang dimiliki fauna di Indonesia bagian timur adalah mamalianya rata rata memiliki ukuran yang cenderung kecil dibandingkan dengan daerah lainnya.

Contohnya seperti koala, fauna ini terdapat di daerah papua meskipun ukurannya imut dan cukup kecil namun hewan ini sangatlah pemalas karena sebagian hidupnya hanya untuk tidur.

      3. Banyak terdapat berbagai jenis burung

cendrawasih

Yang terakhir adalah memiliki beragam jenis burung yang cantik, salah satunya adalah burung cendrawasih yang terdapat di daerah papua dan juga di beberapa wilayah Maluku. Burung cendrawasih ini memiliki ekor yang sangat bagus.

Burung cendrawasih sendiri hanya terdapat di wilayah timur dan tidak dapat kita temukan di alam liar bagian Indonesia lainnya.

Nah itu dia gaes penjelasan singkat saya tentang beberapa ciri khusus yang dimiliki fauna yang ada di Indonesia bagian timur.

adminblog