Cara Menjaga Sumber Daya Alam

Cara Menjaga Sumber Daya Alam

Cara Menjaga Sumber Daya Alam

Sumber daya alam sendiri merupakan kekayaan alam yang ada di bumi ini untuk bisa di ambil dan dimanfaatkan oleh manusia maupun hewan guna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan hewan itu sendiri.

Maka dari itu kita harus selalu menjaga sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar kita dengan cara mengambilnya sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan agar tidak merusak lingkungan sekitar tempat sumber daya alam yang ada.

Namun pada zaman sekarang masih banyak masyarakat tidak terlalu memperhatikan kondisi lingkungan sekitarnya dengan membuang sampah sembarangan, menebang pohon secara berlebihan dan juga mengambil kekayaan alam yang ada secara terus menerus atau berlebihan.

Mencaga kekayaan alam di indonesia

Maka dari itu sumber daya alam yang ada setiap tahunnya mengalami penyusutan. Dan tentunya kita sebagai generasi muda harus merubah pola fikir masyarakat untuk selalu menjaga kekayaan alam yang ada maupun lingkungan sekitarnya.

Nah di sini kami akan menjelaskan bagaimana sih cara untuk melestarikan sumber daya alam yang baik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya

Cara Menjaga Sumber Daya Alam

Tentunya untuk menjaga kekayaan alam yang ada kita harus selalu mengedepankan asas lestari, asas maksimal dan asas berdaya asing.

Apa sih asas maksimal itu? Asas maksimal merupakan sebuah asas untuk menjaga kekayaan alam yang baik dan dimanfaatkan secara maksimal untuk memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat.

Asas lestari adalah asas untuk mengambil kekayaan alam yang ada tetapi dengan cara memperhatikan ekosistem dan keseimbangan di lingkungan sekitar sumber daya alam.

Asas berdaya asing adalah kekayaan alam yang ada di negara kita harus di manfaatkan dan juga mampu bersaing dengan sumber daya alam di neara lain.

Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga sumber daya alam :

  1. Menjaga lingkungan sekitar

Tentunya cara yang pertama yaitu kamu harus selalu menjaga lingkungan di sekitar kamu untuk tetap terawat dan bersih.

Jangan pernah untuk membuang sampah sembarangan, mengambil kekayaan alam dengan berlebihan dan juga tidak menabang pohon di hutan terus menerus agar tidak menyebabkan banjir maupun merusak keseimbangan alam.

Jika kamu ingin menambah wawasan kamu mengenai lingkungan, alam dan yang berhubungan dengan bumi ini kamu bisa langsung saja mengunjungi alam alami untuk menambah pengetahuan kamu.

       2. Tidak mengambil sumber daya alam secara berlebihan

Tentunya apapun yang kita ambil dari alam secara berlebihan maka tidak baik untuk lingkungan sekitar maupun alam itu sendiri.

Maka dari itu tanamkan pada diri sendiri untuk tidak mengambil kekayaan alam yang ada secara terus menerus supaya kelak anak cucu kita bisa menikmati kekayaan alam yang ada.

      3. Menanam hutan yang gundul

Hutan yang gundul sendiri bisa menyebabkan banjir karena tidak ada resapan untuk air hujan yang turun oleh karena itu akan merugikan manusia itu sendiri.

Sebaiknya jika kita menebang pohon di hutan maka kita juga harus menanam bibit pohon agar ekosistem terjaga keseimbangannya dan juga kamu harus melakukan tebang pilih pohon di hutan

     4. Melakukan daur ulang

Tentu hal ini merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada karena jika kita terus menerus menggunakan plastik maka hal itu bisa menyebabkan pencemaran lingkungan di tanah, lautan maupun lainnya.

Maka dari itu kita harus selalu melakukan daur ulang terhadap bahan yang dapat melakukan pencemaran pada tanah dan lautan.

 

 

adminblog