Waspadai! 5 Ciri-Ciri Kanker Mulut Stadium Awal yang Biasanya Diabaikan

Waspadai! 5 Ciri-Ciri Kanker Mulut Stadium Awal yang Biasanya Diabaikan

Waspadai! 5 Ciri-Ciri Kanker Mulut Stadium Awal yang Biasanya Diabaikan

Kanker mulut memang tidak sering terjadi, bahkan kemunculan kanker mulut ini tidak termasuk dalam 10 kanker yang paling sering terjadi. Meskipun begitu, Anda harus tetap mewaspadai ciri-ciri kanker mulut yang sering diabaikan.

Berdasarkan informasi dari WHO, hanya terdapat sekitar 2% kasus kanker mulut dari semua jenis kanker yang ada di dunia. Meskipun kanker mulut termasuk jenis kanker yang jarang terjadi, namun, kanker mulut ini bisa menjadi sangat mematikan.

Pada dasarnya, kanker mulut jarang terjadi karena kanker mulut ini hanya disebabkan oleh efek toksin yang berlebih pada mulut. Bisa juga disebabkan karena infeksi atau peradangan yang berlangsung terus menerus dalam mulut. Bahkan, infeksi HPV yang tidak teratasi juga menjadi salah satu penyebabnya.

Kemungkinan hidup pasien pengidap kanker mulut pada dasarnya adalah cukup tinggi, asalkan kanker tersebut dapat terdeteksi sejak awal. Namun, sedikit sulit untuk mendeteksi ciri-ciri kanker mulut di awal. Hal ini dikarenakan kanker masih berkembang dalam ukuran yang kecil dan belum meluas.

ciri kanker mulut

Sebenarnya, apa sajakah ciri-ciri kanker mulut yang biasanya sering diabaikan? Hal ini perlu Anda ketahui untuk mengenali ciri-ciri awal kanker mulut ini, jadi Anda dapat mencegahnya sedini mungkin.

Untuk mengetahui penjelasan terkait ciri-ciri kanker mulut yang sering diabaikan, simaklah penjelasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Kanker Mulut yang Sering Diabaikan

1. Luka dalam mulut yang tidak kunjung sembuh

Luka atau peradangan pada mulut adalah salah satu ciri-ciri kanker mulut yang sering diabaikan. Bentuknya memang terlihat seperti sariawan biasa, namun ternyata ukuran luka ini cukup besar dan terasa seperti lebih dalam menuju lapisan dinding mulut. Anda perlu mewaspadainya.

2. Muncul benjolan pada mulut

Selain luka yang hampir mirip dengan sariawan, ciri-ciri kanker mulut lainnya adalah munculnya benjolan pada sekitar dinding mulut. Jika ditekan, benjolan ini akan terasa nyeri dan sakit. Munculnya benjolan ini biasanya juga disertai dengan penebalan pada lidah dan gusi.

3. Mulut terasa kaku

Penderita kanker mulut akan merasakan mulutnya yang terasa kaku. Efek kaku ini dapat terjadi karena sel kanker telah mempengaruhi kinerja saraf pada mulut. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan mengunyah makanan dan berbicara.

4. Mati rasa

Mati rasa juga menjadi salh satu ciri-ciri kanker mulut yang sering diabaikan. Hal ini sebenarnya berbahaya, karena membuat lidah tidak dapat merasakan dan semua makanan pun akan terasa hambar.

5. Gusi melunak

Ciri-ciri kanker mulut yang lainnya adalah adalah melunaknya gusi. Saat terjadi kanker mulut, maka gusi ini akan mengalami kerusakan jaringan. Sehingga gusi ini tidak dapat menopang gigi lagi. Gusi pun akan berubah menjadi melunak dan gigi pun menjadi sangat mudah tanggal.

Demikianlah penjelasan terkait ciri-ciri kanker lidah yang sering diabaikan. Anda harus memperhatikan ciri-ciri kanker mulut yang mungkin terjadi di sekitar Anda, hal ini dilakukan agar kanker mulut terdeteksi sedini mungkin dan bisa disembuhkan.

Sumber : https://www.deherba.com/artikel-kanker/kanker-mulut 

adminblog