3 Aplikasi Mind Mapping Terbaik Untuk Memvisualisasikan Ide

3 Aplikasi Mind Mapping Terbaik Untuk Memvisualisasikan Ide

3 Aplikasi Mind Mapping Terbaik Untuk Memvisualisasikan Ide

Otak kita ini sangat kompleks dan terkadang banyak ide muncul di kepala, sayangnya kemampuan kita untuk mengingat sesuatu itu terbatas. Belum lagi, ide-ide ini harus di komunikasikan kepada orang lain.

Beranjak dari masalah ini, ada solusi yang cukup efektif di era modern ini. Yap, kamu bisa memvisualisasikan ide dengan banyak aplikasi mind mapping untuk memetakan semua ide liarmu itu ke dalam bentuk visual dengan mudah.

Mind Mapping sendiri merupakan simulasi dalam media untuk menuliskan ide, lalu menggambarkan garis yang bercabang menjadi node atau jaringan dengan masing-masing ide baru yang saling terkait. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi mind mapping yang bisa kamu gunakan untuk memetakan ide-ide brilianmu.

mind mapping

1. Ayoa

Dalam satu aplikasi ini menawarkan fitur lengkap yang diperlukan dalam pekerjaan, seperti daftar tugas yang harus dilakukan, memantau pekerjaan dan juga dapat berkolaborasi dengan ide dari orang lain. Disamping itu, tampilan Ayoa mind mapping juga cukup bagus.

Ayoa menerapkan antarmuka visual yang sederhana, sehingga kita bisa fokus dengan ide-ide yang ada. Cara aplikasi ini bekerja mirip dengan gaya khas dari mind mapping tradisional yang digambar tangan.

Tersedia beberapa pilihan fitur, Organic Mind Maps untuk cabang yang halus, melengkung, dan Speed Mind Maps atau tata letak otomatis untuk menangkap ide dengan cepat. Ada pula Radial Maps, dimana menu ini memungkinkan pengguna aplikasi ini untuk mempresentasikan ide-ide dalam visual pie-chart.

 

2. Mindomo

Aplikasi selanjutnya adalah Midomo yang merupakan mind mapping freemium, yaitu gabungan antara gratis dan berbayar untuk Windows, Linux, dan OS. Sesuai dengan kualitasnya, aplikasi ini juga bisa di sinkronisasi dengan Android, sehingga para pengguna bisa bekerja pada mind mapping saat bepergian.

Untuk versi free mind mapping gratis adapun fiturnya sangat terbatas. Kalau kamu ingin melakukan kegiatan backup mind map ke Drobox, mengekspornya ke format lain, menambahkan video atau audio, maka kamu  perlu untuk meningkatkan ke layanan paket berbayar.

 

3. LucidChart

Mind mapping tools yang satu ini menawarkan semua jenis kebutuhan mind mapping, dari diagram alur sederhana hingga diagram kompleks. Banyak template yang ditawarkan untuk memulai membuat mind mapping keinginanmu, sehingga akan lebih mudah dalam memvisualisasikan ide-ide dan berkolaborasi dengan tim.

Jika boleh saya katakan, aplikasi ini sangat sempurna digunakan untuk menampung ide-ide, karena ada banyak fitur yang sangat membantu seperti kolaborasi real-time, manajemen tim dan akses, manajemen perubahan dan history, aplikasi native untuk Windows, macOS, dan Linux, juga ada banyak integrasi lainnya yang tersedia.

Fitur keren lainnya dari LucidChart adalah dalam menghubungkan data. Kamu bisa menghubungkan spreadsheet untuk menyimpan hasil presentasi dalam data dan diagram yang dibuat.

Secara real-time setiap ada perubahan pada data yang telah dibuat sebelumnya akan langsung update secara otomatis di spreadsheet.

Aplikasi ini sangat membutuhkan paket data / internet yang lumayan memakan kuota, carilah paket internet dengan harga pulsa yang murah, agar kamu bisa lebih hemat.

Sebenarnya masih ada banyak sekali aplikasi mind mapping lainnya, seperti canva, SimpleMind, MindManager, Scapple dan FreeMind yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, karena mereka menawarkan fitur yang menarik. Penasaran, Silahkan Anda coba rekomendasi aplikasi Mind Mapping diatas!

adminblog