4 Langkah Beternak Kambing Yang Baik

4 Langkah Beternak Kambing Yang Baik

4 Langkah Beternak Kambing Yang Baik

Kambing memang tidak selucu kucing. Kambing juga tidak begitu menggemaskan selayaknya kucing. Namun hewan peliharaan yang satu ini sangat menguntungkan bagi tuannya walaupun hewan ini memang secara naluriah tidak dapat bersahabat dengan baik kepada tuannya seperti kucing.  Biasanya hewan kambing dibudidayakan dengan cara diternakkan agar menghasilkan keturunan – keturunan yang baik dan berkualitas yang nantinya dapat dijual ke agen penyalur hewan ternak. Karena alasan inilah kemudian banyak orang yang memutuskan untuk memelihara kambing sebagai hewan peliharaan yang menguntungkan.

Hanya saja tidak semua usaha memelihara kambing berjalan lancar. Hal ini dapat terjadi karena minimnya pengetahuan tentang memelihara kambing. Agar usaha memelihara kambing dapat menguntungkan tentu ilmu tentang budi dayanya harus kita miliki terlebih dahulu. Memelihara kambing bukan hanya sekedar meletakkannya di kandang dan memberinya makan dari alam, namun lebih dari itu. Banyak yang harus kita canangkan dalam memelihara kambing. Nah, bagi anda yang memang berniat untuk memelihara kambing, berikut ini kami uraikan tentang 4 Langkah Beternak Kambing Yang Baik yang dapat dilakukan agar beternak kambing menguntungkan, diantaranya :

1. Pilihlah bibit kambing yang baik

Entah anda ingin memelihara kambing jantan atau kambing betina yang jelas terlebih dahulu yang harus anda lakukan adalah memilih dan mempertimbangkan bibitnya. Pertimbangkan bibit yang akan anda pilih sebaik mungkin agar kambing ternak anda memiliki kualitas yang baik dan berkualitas unggul.

2. Memberi makan kambing dengan makanan yang baik

Dalam memberi makan kambing, berilah kambing dengan makanan yang disukai. Kambing adalah hewan herbivora yang memakan tumbuhan. Pilihlah tumbuhan yang baik agar kambing dapat makan dengan lahap. Jika perlu tambahkan pupuk organik cair khusus kambing yang dapat menambah nafsu makannya. Sediakan pula minum kambing dengan air berkualitas.

3. Aturlah perkawinan kambing

Dalam membudidayakan kambing tentunya tak lepas dari masalah perkawinan. Agar kambing mampu menghasilkan keturunan maka kita harus mengawinkannya. Namun dalam mengawinkannya harus anda perhatikan. Kawinkanlah kambing yang hanya telah dewasa kelaminnya.

4. Aturlah kandang agar selalu bersih

Kandang harus selalu dijaga kebersihannya hal ini dimaksudkan agar kambing merasa nyaman ketika berada di dalam kandang serta agar kambing tidak sakit.

Demikianlah yang dapat kita lakukan untuk memelihara kambing. Semoga informasi tentang 4 Langkah Beternak Kambing Yang Baik dapat diterapkan.

adminblog