Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Gadget saat ini seolah telah menjadi satu barang yang paling penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Saat ini anak-anak sudah berkenalan dengan gadget di usia yang sangat muda. Bahkan terkadang mereka lebih banyak “diasuh” oleh gadget ketimbang kedua orang tua mereka.

Ini adalah hal yang memprihatinkan saat ini. Anak masih dalam tumbuh kembang secara emosional dan tidak dapat mengontrol keinginannya sehingga sangat mungkin seorang anak mengalami kecanduan gadget. Jika sudah mengalami kecanduan gadget maka masalah yang jauh lebih besar bisa akan menimpa seorang anak.

Sifat dan sikap anak yang mengalami kecanduan gadget adalah egois yang mementingkan diri sendiri dan tidak mempedulikan orang lain disekitar anda. Oleh sebab itu, berikut cara agar anak tidak kecanduan gadget.

1. Berikan contoh

Cukup aneh jika orang tua ingin membatasi anaknya tetapi si orang tua justru tidak membatasi dirinya sendiri. Batasilah penggunaan ponsel untuk diri sendiri terlebih dahulu baru kemudian batasi anak. Sehingga ia dapat mencontoh atau meneladani sikap orang tuanya.

 

2. Buat jadwal

Berikan batasan dalam penggunaan gadget dengan jadwal yang dirancang secara bersama-sama. Membatasinya dengan hanya memberikan gadget pada akhir pekan saja selama 1 jam misalnya atau lebih dari itu.

 

3. Awasi anak

Saat anak bermain gadget entah itu untuk bermain game atau yang lainnya, sebaiknya diawasi karena dikhawatirkan ada muatan konten yang kurang baik yang dikonsumsi anak. Caranya anda bisa mengakses Google.com/history untuk melihat dan memantau aplikasi apa saja yang dibuka dan situs apa saja yang diakses.

 

4. Pasangkan aplikasi yang sesuai

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat dipasang pada gadget yang digunakan oleh anak anda dan sebaiknya jangan pasang aplikasi yang sifatnya dapat memicu adiktif. Anak bisa dipasangkan game yang membantunya untuk tumbuh dan berkembang, misalnya game Brain Challenge, atau game sejenisnya yang membantu seorang anak mengembangkan kecerdasan matematis, yaitu kecerdasan dalam mengolah angka. Karena di sekolah kecerdasan inilah yang sangat diunggulkan.

Jika Anda tertarik lebih lanjut mengenai berita lengkap seputar gadget anda dapat mengunjungi link berikut: https://jalantikus.com/gadgets/

adminblog