5 Penyebab Utama AC Bocor

5 Penyebab Utama AC Bocor

5 Penyebab Utama AC Bocor

Kebocoran AC memang bukanlah suatu hal yang asing lagi bagi anda yang memasang air conditioner di rumah. Terlebih bagi warga kota Jakarta, AC bocor menjadi masalah yang mungkin cukup sering terjadi dan tentu sangat mengganggu kenyamanan anda.

Terlebih lagi jika tetesan-tetesan tersebut terkena perabot rumah tangga seperti tempat tidur, bantal atau lainnya, oleh karena itu anda pasti membutuhkan jasa service AC Jakarta untuk memperbaikinya. Berikut 5 penyebab utama mengapa AC rumah anda sering bocor:

  • Masalah kondensasi

Masalah kondensasi terjadi ketika terdapat perbedaan suhu yang tinggi antara udara di luar ruangan dan di dalam pipa. Masalah ini sering terjadi pada AC yang umumnya telah digunakan lebih dari 5 tahun. Cara mengatasinya yakni anda harus mengganti pipa yang sudah lama tersebut ke yang baru.

  • Debu dan kototran

Keberadaan debu dan kotoran juga menjadi salah satu sebab mengapa AC rumah anda bocor. Tersumbatnya saluran pada pembuangan air ini membuatnya menetes pada jalur yang bukan semestinya. Penumpukan kotoran jjuga menjadi penyebab tumbuhnya jamur AC. Ini tentu akan membuat udara menjadi kotor dan pastinya tidak menyehatkan.

  • Aliran pembuangan tersumbat

Kebocoran AC juga sering terjadi karena saluran pembuangan air tetesan tersumbat. Dan penyebab tersumbatnya aliran ini adalah debu serta kotoran yang menempel di dalam AC. Air akan menetes pada saluran indoor ini jika aliran pembuangan AC dipenuhi oleh kotoran. Dan untuk mengatasi hal ini anda harus membersihkan saluran pembuangan tersebut secara berkala di jasa servis AC.

  • Kurangnya Freon

Kurangnya jumlah tekanan Freon akan membuat pipa evaporator AC membeku, bahkan bisa sampai menyimpan bongkahan es. Bongkahan es ini akan memenuhi drainase AC, dan jika mencair akan membuat tetesan pada ruangan. Oleh karena itu anda perlu menambahkan tekanan Freon pada AC.

  • Tetesan air pada celah tersembunyi

Meskipun pembungkus pipa telah diganti dan talang belakang sudah diperbaiki, ada juga Ac yang masih terus menerus meneteskan air. Penyebab hal ini adalah kondensasi pada celah-celah yang tersembunyi. Sehingga untuk memperbaikinya, anda harus menemukan sumber dimana tetesan air tersebut berasal.

Itulah beberapa masalah yang menjadi penyebab umum AC rumah anda mengalami kebocoran. Segera lakukan perbaikan secara berkala di servis AC Jakarta agar masalah tersebut tidak semakin parah. Jika AC berfungsi dengan normal, maka anda akan jauh lebih nyaman saat dirumah tentunya.

adminblog